DPRD HSU APRESIASI KEPEMIMPINAN WAHID – HUSAIRI PERIODE 2012-2017

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) memberikan apresiasi dan penghargaan atas upaya dan kerja keras jajaran Pemerintah Kabupaten HSU untuk mewujudkan visi, misi, melaksanakan amanah masyarakat dan peraturan perundang-undangan.

Apresiasi ini disampaikan oleh Ir. H. A. Farhani, MM selaku juru bicara DPRD dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten HSU Penyampaian Rekomendasi DPRD Terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Akhir Masa Jabatan Kepala Daerah Kabupaten HSU Tahun 2012-2017, Selasa (12/9) di Ruang Rapat Paripurna DPRD HSU.

Rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRD HSU H. Sahrujani dihadiri oleh Wakil Bupati HSU, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Plt. Sekretaris Daerah, Kepala SKPD, Camat, Kepala Kantor Kementerian Agama HSU, pimpinan BUMN dan BUMD, pimpinan ormas, organisasi wanita, LSM, wartawan dan  mahasiswa.

Rapat paripurna merupakan tindak lanjut dari pembahasan LKPJ akhir masa jabatan Bupati H. Abdul Wahid HK, MM,M.Si dan Wakil Bupati H. Husairi Abdi, Lc periode 2012-2017.  DPRD memberi rekomendasi yang berisi catatan-catatan strategis, masukan maupun koreksi terhadap penyelenggaraan urusan desentralisasi, tugas pembantuan dan tugas umum pemerintahan untuk kemajuan Kabupaten HSU ke depan.

Apresiasi juga diberikan karena Bupati dan Wakil Bupati serta jajaran Pemkab HSU telah menunjukkan upaya konkrit melalui peningkatan kinerja yang optimal sehingga berhasil menunjukkan berbagai prestasi yang membanggakan.  Hal ini antara lain terlihat pada penghargaan dan apresiasi yang diperoleh baik dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi  maupun  dari lembaga independen lainnya.

DPRD menilai pemerintah daerah telah berupaya maksimal untuk mewujudkan misi yang terlihat dari keberhasilan memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan keuangan Pemkab HSU tahun 2015 dan 2016.  Begitu juga rata-rata capaian SKPD yang hampir mencapai 100% dari target yang ditetapkan.  DPRD juga mengapresiasi keberhasilan pemerintah daerah dalam pencapaian pendapatan daerah yang melebihi dari target ditetapkan.

Dalam rapat paripurna istimewa tersebut DPRD juga memberikan beberapa rekomendasi antara lain : perlunya perbaikan manajemen dan komitmen bersama untuk  menyusun formula dan strategi guna menuntaskan berbagai program dan kebijakan yang sudah direncanakan; pemanfaatan lahan dan ruang harus dioptimalkan berdasarkan ketentuan dalam Perda RTRW; pengembangan ekonomi kerakyatan melalui pembinaan UKM hendaknya menjadi hal penting yang harus diperhatikan; merekomendasikan agar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat agar memprioritaskan tingkat kepuasan publik dan  kepastian hukum.

Sehubungan terpilihnya kembali untuk memimpin HSU pada periode 2017-2022, DPRD berharap agar pada masa jabatan berikutnya Wahid – Husairi dapat memperioritaskan program pengembangan kota Amuntai; menindaklanjuti rencana pembentukan kecamatan baru; pemanfaatan berbagai potensi lokal guna terciptanya nilai tambah ekonomi khususnya industri kerajinan rumah tangga dan kawasan rawa untuk peningkatan pertanian, peternakan dan perikanan; mendorong terbukanya lapangan kerja baru dan peningkatan kualitas  tenaga kerja; prioritas pembangunan infrastruktur jalan  pada daerah terpencil dan yang rusak berat; menggalakkan penyuluhan dan pembekalan oleh para PPL di lapangan untuk meningkatkan produksi pertanian dan pengetahuan petani; peningkatan hasil pertanian melalui intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian; pemberian penilaian terhadap pencapaian target dan penggunaan anggaran pada masing-masing SKPD pada tiap akhir tahun anggaran; peningkatan SDM aparatur pemerintah daerah; penyelesaian tata batas daerah antar kabupaten dan dalam kabupaten; serta pembinaan dan pencegahan penyalahgunaan dan obat-obatan terlarang melalui pembentukan BNN Kabupaten dan pemberdayaan LSM dan Ormas untuk memerangi narkoba.

Ketua DPRD HSU H. Sahrujani yang ditemui usai rapat paripurna mengatakan rekomendasi merupakan catatan strategis untuk perbaikan dimasa yang akan datang.

“Dengan adanya rekomendasi dari DPRD diharap dapat membawa arah pembangunan HSU ke arah yang lebih baik.  Banyak hasil yang telah dicapai pada periode pertama.  Pimpinan DPRD berharap pada periode berikutnya lebih maksimal dan lebih baik dari sebelumnya”, kata Sahrujani (Diskominfo/tim).

The post DPRD HSU APRESIASI KEPEMIMPINAN WAHID – HUSAIRI PERIODE 2012-2017 appeared first on Pemerintahan Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Source: Website Hulu Sungai Utara

Selamat Datang di Website Bappelitbng Kabupaten Hulu Sungai Utara